1 Buah Lukisan Karya Harun Tentang Sahabat Nabi, Satu – Satunya Lukisan Yang Tidak Terbakar di Tragedi Kebakaran Malang Plaza

0Shares

Radarindonesia.id, Malang – Terbakarnya Mall legenda di kota Malang menyisakan duka mendalam tidak hanya bagi pengguna Malang Plaza sebagai tempat untuk mencari
nafkah dengan berdagang mulaii penjuall Handphone,. Baju, pedagang kuliner bahkan pelaku Seni lukis ( 1 /5/2023).

Lukisan karya Harun yang tidak terbakar

Salah satu pelukis senior yang ikut jadi korban kebakaran adalah Muhammad Harun Syahbani atau biasa dipanggil Mr.Harun.
Beruntung Harun tidak sedang dalam gedung Malang Plaza saat kejadian karena saat kebakaran memang mall sudah tutup, tetapi semua lukisannya terbakar bersamaan dengan karya lukis dari seniman lukis yang lain seperti Pelukis Dibyo, Sukri, Endik dan lainnya.
Ada karya dari 10 pelukis yang ikut terbakar saat kejadian.
Tetapi ada hal unik bahkan bisa dikatakan aneh atau mungkin ajaib karena 1 buah lukisan karya Mr Harun tidak ikut terbakar.


Foto jepretan Harun di lokasi pameran lukisan pada 1 Mei 2023 di sore hari sebelum kejadian malaam harinya

Posisi lukisan yang menggambarkan Ali sahabat Nabi juga Umar, Usmant ali dan Abu Bakar dikelilingi lafadz Basmallah tersebut ada di pinggir menempel di kaca dan terletak di tempat Harun biasa melakukan ibadah Sholat saat menjaga karya lukisannya saat pameran setiap harinya.

” Itu lukisan yang mau saya tunjukkan ke Mas Hendro saat itu tapi gak jadi terambil karena posisinya tertumpuk lukisan lain,” kenang Harun.
Hal tersebut dikatakan Harun kepada Hendro BL dari Sanggar Seni Cangkrukan Teras Melody (2/5).Hendro BL dan isterinya berkunjung ke Malang Plaza lantai 2 tempat Harun sedang pameran lukisanz, 2 hari sebelumn Malang Plaza terbakar.
Hendro BL sendiri sempat disuruh memilih mana lukisan yang mau diambil, karena sulit menggeser tempat dimana lukisan tersebut berada maka dari itu lukisan tersebut batal ditunjukkan ke Hendro BL yang saat itu juga sedang wawancara dengan Harun untuk dimuat di media online nasional Radarindonesia.id dan juga untuk YouTube Sanggar Seni Cangkrukan Teras Melody.

BACA JUGA :   559 Polisi RW Polresta Malang Kota Siap Emban Amanah

” Semua kuasa Allah SWT, apa yang terjadi adalah kehendakNYA,” kata Harun kepada teman-temannya sesama seniman di grup seniman Malang.
“Detik saat waktunya milik Sang jagad semesta, nafas kita berjalan dengan zikir dan doanya. Bismllah ridhaNYA,” ujar Harun saat dikonfirmasi Radarindonesia.id tentang kejadian kebakaran di Malang Plaza yang melalap semua lukisannya.

Seperti sudah ada firasat beberapa hari sebelumnya Harun membagikan karya lukisannya secara gratis kepada siapapun yang berminat mengkoleksi lukisannya ( “Harun Syahbani Pelukis dan Melukis Untuk Berbagi Kebahagiaan” Radarindonesia.id 29 April 2023)
Hendro BL dan Ria Soei dari Sanggar Seni Cangkrukan Teras Melody adalah yang terakhir menerima 2 buah lukisan kaligrafi gratis dari Harun, dua hari sebelum kejadian kebakaran di lokasi pameran lukisan Malang Plaza lantai 2.

Harun Syahbani

Saat ini kebakaran yang menghanguskan Malang Plaza yang merupakan Mall dengan bangunan tertua di kota Malang tersebut mulai bermunculan berbagai macam spekulasi di medsos terkait kebakaran tersebut Masyarakatpun menunggu penyelidikan dan pernyataan resmi dari pihak Kepolisian mengenai kebakaran mall legenda di kota Malang tersebut.
Beberapa pedagang yang biasa berdagang di Malang Plaza berharap segera dibangunnya kembali Mall yang menjadi salah satu pusat perbelanjaan tertua selama ini di kota Malang. (HBL)

0Shares

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *