Evakuasi Pasien ODGJ, Kerjasama Polwan Polisi RW Polresta Malang Kota dengan Relawan

0Shares

Radarindonesia.id, Malang – Kerjasama dan kolaborasi Polisi RW, relawan Anak Bangsa dan instansi terkait dalam mengevakuasi seorang pasien Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) untuk dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lawang. Kehadiran Polisi RW 03 Kelurahan Samaan menunjukkan komitmen dalam memberikan perhatian kepada kesejahteraan masyarakat. Pendampingan tersebut dilakukan pada Senin (28/8/2023).

Pendampingan tersebut terdapat beberapa petugas yang turut terlibat, antara lain Lurah Kelurahan Samaan Anang Setiawan, Briptu Rieke Nur Safitri selaku Polisi RW 03 Kel. Samaan, Ketua RW 03 Kelurahan Samaan Bambang Purwanto, serta petugas medis dari relawan anak bangsa Yuni Kartika Sari yang juga turut terlibat.

Kegiatan pendampingan Evakuasi dilakukan pada pukul 13.30 WIB, di Jl. Jaksa Agung Suprapto II E no.327. Pasien yang merupakan ODGJ membutuhkan pendampingan karena sering mengamuk dan keluarga juga merasa kesulitan dalam memberikan perawatan yang diperlukan. Minum obat yang tidak teratur menjadi salah satu faktor penyebab kondisinya yang tidak stabil.

Pendampingan ini menjadi langkah koordinatif antara keluarga pasien, dinas sosial, dan pihak berwenang setempat. Keterlibatan Polisi RW 03 Kelurahan Samaan dalam proses ini adalah untuk memastikan bahwa penyerahan pasien berlangsung dengan aman dan tertib.

Hasil dari kegiatan ini terlaksana dengan baik, dimana pendampingan Evakuasi pasien ODGJ ke RSJ Lawang berjalan dengan lancar dan aman. Dalam situasi yang memerlukan kerjasama dan perhatian dari berbagai pihak, keberadaan Polisi RW, Ketua RT, serta Linmas Kelurahab Samaan membantu menjamin kelancaran proses tersebut.

BACA JUGA :   Pengamanan Jumat Agung Sejumlah Gereja di Malang, Sinergitas TNI Polri

“Saya selaku lurah Samaan mengucapkan Terimakasih kepada Pak RW 03 dan Polisi RW Ibu Rieke juga rekan-rekan dari relawan anak bangsa yang sudah bersama-sama peduli terhadap nilai-nilai kemanusiaan, tentunya ini adalah preseden yang baik bagi kita semua,” ungkap Anang Setiawan Lurah Samaan Kota Malang.

Langkah seperti menjadi role model sinergitas antara Polri, TNI, Pemerintah Kota , relawan termasuk masyarakat dalam menghadirkan solusi bersama terkait permasalahan yang timbul di tengah-tengah masyarakat guna menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.(HBL)

0Shares

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *