Minang Baralek Gadang, DPD IKM Kota Bogor Sukses Lantik 7 DPC

0Shares

radarindonesia.id, Bogor – Dengan tema “Minang Baralek Gadang”, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) Kota Bogor sukses menggelar acara halal bihalal sekaligus pelantikan 7 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) di Gedung Olahraga (GOR) Basket Padjajaran, Kecamatan Tanah Sareal pada, Sabtu (2/7/2022).

Acara dihadiri oleh Sekjen DPP IKM, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jawa Barat, Wakil Walikota Dedie A Rachim, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto, Perwakilan Polresta Bogor Kota dan tamu undangan lainnya.

Ketua DPD IKM Kota Bogor, Rizal Utami menjelaskan DPC yang dilantik pada kesempatan tersebut terdiri dari 6 DPC tiap kecamatan di Kota Bogor serta 1 DPC IKM Ciomas periode 2020-2025. Pelantikan sempat tertunda karena pandemi Covid-19, sehingga baru bisa dilakukan hari ini.

“Sebetulnya sudah kita rencanakan sejak 2020, namun karena ada pandemi jadi tertunda. Sekarang sudah ada izinnya jadi baru kita laksanakan,” kata Rizal.

Ia menjelaskan, DPC memiliki peran mendata warga Kota Bogor asal Minangkabau di tiap kecamatan. “Diperkirakan ada 8 ribu Kartu Keluarga anggota, namun yang baru terdaftar memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) baru berjumlah 1620 Kartu Keluarga,” jelasnya.

Rizal yang juga Anggota DPRD Kota Bogor dari Fraksi PPP ini menuturkan, kehadiran IKM di Kota Bogor sebagai upaya membangun tali silaturahmi antar warga Kota Bogor asal Minangkabau. Selama ini, persaudaraan dan kekeluargaan terus dibangun oleh IKM bersama warga di Kota Bogor.

BACA JUGA :   Kapolri: Kapolda yang Tak Mampu Kembalikan Kepercayaan Publik Akan di Evaluasi

“Untuk Kota Bogor, IKM memiliki peran memberikan solusi kepada Pemerintah Kota (Pemkot). Salah satu bentuknya yaitu penyediaan lapangan pekerjaan melalui toko atau usaha lainnya,” imbuh Rizal.

Selain pelantikan ketujuh DPC, pada kesempatan tersebut juga digelar halal bihalal IKM. Ribuan warga Kota Bogor asal Minangkabau memadati GOR Basket Padjajaran. Agenda ini menjadi ajang silaturahmi bagi para anggota IKM serta warga asal Minangkabau lainnya.

Berbagai hiburan ditampilkan pada kesempatan tersebut. Lagu-lagu dan tarian daerah khas Minangkabau memeriahkan acara tersebut. Dalam sambutannya Rizal menghimbau warga Kota Bogor asal Minangkabau untuk terus menjaga silaturahmi dan kedamaian dengan warga pribumi.

“Tunaikan sholat subuh di masjid agar silaturahmi terus terjalin, tidak boleh eksklusif harus berbaur. Harus ikut budaya, adat, kebiasaan di Kota Bogor. Karena dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung,” tegasnya.

Sementara, Wakil Walikota Bogor, Dedie A Rachim yang turut hadir pada kesempatan tersebut mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh DPD IKM Kota Bogor.

“Warga asal Minangkabau tidak bisa dipisahkan dari Kota Bogor. Karena partisipasinya sudah mewarnai pembangunan Kota Bogor,” ujar Dedie.

Dirinya berharap silaturahmi dan kolaborasi yang telah terjalin antara warga asal Minangkabau dengan Pemkot Bogor terus berjalan dengan baik sehingga dapat memberikan kontribusi terbaik bagi Kota Bogor. (MR)

0Shares

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *