Polri Optimalkan Fungsi Satkamling di Masyarakat

0Shares

Radarindonesia.id, Malang – Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) di gelar di lapangan Apel Polresta Malang Kota pada Rabu, ( 21/6/2023 )pukul 08.00 WIB. Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka pemberian penghargaan kepada pemenang Satkamling jajaran Kota Malang sebagai wujud apresiasi dari kontribusi warga masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungannya.

Acara Apel Satkamling jajaran Kota Malang di hadiri oleh Forkopimda Kota Malang yakni Walikota Malang Drs. Sutiaji, Ketua DPRD Kota Malang I.Made Riandiana Kartika, Dandim Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sofa dan Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto beserta jajarannya.

Satkamling merupakan garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Oleh karena itu, diharapkan dengan kehadirannya mampu menjadi instrumen peringatan dini terhadap potensi kejahatan sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan secara cepat. Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, terutama dalam rangka menghadapi agenda nasional yakni Pemilihan Serentak pada tahun 2024.

“Polri masih akan terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan” ujar Kapolresta Malang Kota Kombes. Pol. Budi Hermanto, dalam sambutan yang diberikan dalam kegiatan Apel tersebut.

Polri telah mengadakan lomba Satkamling mulai tingkat Polres, Polda, bahkan hingga nasional. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan semangat dan optimalisasi peran Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian yang terbatas.

BACA JUGA :   Pelaku Pengeroyokan, Salah Satu Status Pelajar ditangkap Aparat Polsek Sukun

Solidaritas warga merupakan kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Satkamling. Selain itu, Satkamling harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan secara optimal.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan dan menumbuhkan kesadaran kita bersama akan pentingnya memelihara Kamtibmas”, hal tersebut disampaikan oleh Kapolresta Malang Kota dalam rangka imbauan untuk perbaikan dan peningkatan kerja sama dalam penyelenggaraan Satkamling.

Selain itu Kapolresta Malang Kota juga mendorong peran aktif dari seluruh masyarakat dan para pemangku kepentingan untuk melakukan upaya Revitalisasi Satkamling, dengan mengaktifkan serta memberdayakan kembali Satkamling.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Budi Hermanto mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh awak Satkamling, serta segenap stakeholder terkait karena telah membantu Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya.

Adapun pemenang Lomba Satkamling Jajaran Malang Kota yaitu juara satu diraih oleh wilayah RW.VII Kel. Karangbesuki yang diwakili oleh Slamet Udadi, S.Pd., S.H., M.H., sebagai Kasat Kamling, sedangkan juara dua diraih oleh Suandi Prasetyo Kasat Kamling RW.I Kel. Mojolangu, Kec. Lowokwaru, dan peraih juara ketiga yaitu Harsono Siswoyo dari Kasat Kamling RW.V Kel. Purwantoro, Kec. Blimbing.(HBL)

0Shares

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *