Sebanyak 558 Polisi RW Akan Perkuat Tugas Bhabinkamtibmas di Kota Malang

0Shares

Radarindonesia.id, Malang – Sebanyak 558 personel Polresta Malang Kota yang akan mengemban tugas sebagai Polisi RW melaksanakan apel gelar Polisi RW dipimpin oleh Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto, S.I.K., M.Si., pada Senin (22/5/2023).

Ratusan personel tersebut akan ditugaskan untuk membantu menjaga situasi Kamtibmas di wilayah tingkat RW.

Menurut Kapolresta Malang Kota peran dari Polisi RW ini tidak akan menggantikan peran dari Bhabinkamtibmas namun mereka dibentuk untuk memperkuat peran Bhabinkamtibmas.

“Tugasnya kurang lebih sama, kalau Bhabinkamtibmas ini bertugas di tingkat Kelurahan Sedangkan untuk polisi RW lebih menyasar ke tingkat terbawah yaitu lebih banyak untuk diperbantukan di setiap RW” papar Kombes Pol. Budi Hermanto.

Kapolresta Malang Kota juga menerangkan bahwa tugas utama dari Polisi RW adalah untuk memberikan deteksi dini terhadap persoalan atau permasalahan Kamtibmas yang ada di wilayah masing-masing.

“Adapun beberapa tugas yang bisa dilakukan oleh Polisi RW yang pertama yaitu mendata atau menginventarisir apa saja persoalan yang ada di wilayah binaannya kemudian para polisi RW ini harus mendengarkan persoalan dari warganya dan mencarikan solusi yang kalau bisa tanpa harus melanjutkan ke ranah hukum” tuturnya.

BACA JUGA :   Perkara 124/Pdt.G/2022/PN.Jkt.Tim diputus NO oleh Majelis Hakim Perkara, Teuku Afriadi, S.H : Warga RT 12/06. CBS. Tetap Solid Rapatkan Barisan, Kebenaran Akan Selalu Menang

Kombes Pol Buher juga menambahkan bahwa pihaknya akan menggandeng akademisi serta tokoh masyarakat untuk mengevaluasi tugas dan kinerja para personel Polisi RW.

Diharapkan, masing-masing Polisi RW nantinya dapat menjadi problem solving bagi lingkungan nya demi terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif sesuai slogan Polresta Malang Kota ada Polisi Ada Solusi.(HBL)

0Shares

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *