Ujian Praktik SIM Terbaru Permudah Masyarakat

0Shares

Radarindonesia.id, Malang – Korlantas Polri melakukan perubahan materi dalam ujian praktik surat izin mengemudi (SIM) untuk motor (SIM C). Lintasan dalam ujian praktik SIM yang tadinya membentuk angka 8 kini dihapus dan diganti dengan membentuk huruf ‘S’.

Perubahan ini dilakukan Korlantas Polri menyusul adanya arahan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Jenderal Sigit sebelumnya meminta Korlantas Polri untuk mengevaluasi ujian praktik SIM C, seperti membuat lintasan zig-zag dan angka 8 yang dinilai sudah tidak relevan dan menyulitkan.

Kebijakan ini kemudian direalisasikan oleh Polresta Malang Kota dengan melakukan perubahan lintasan pada ujian praktik SIM. Yang semula pemohon SIM harus melewati lintasan membentuk angka 8 kini diganti dengan lintasan membentuk huruf ‘S’ pada Satpas Polresta Malang Kota.

“Menindak lanjuti petunjuk dan arahan Kapolri, melalui Korlantas, Per Hari ini, ( Jumat, 4/8/2023) bagi pemohon SIM pada Satpas Polresta Malang Kota sudah diberlakukan Ujian Praktik dengan metode terbaru” ungkap Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Budi Hermanto.

Dirinya menambahkan bahwa bagi masyarakat yang akan membuat SIM silahkan bisa langsung mendatangi Satpas SIM pada jam operasional dan petugas akan melayani pemohon dengan maksimal.

Silahkan bagi masyarakat yang akan membuat SIM, bisa langsung datang ke Satpas dengan melengkapi syarat-syarat yang di butuhkan, dengan perubahan ujian praktek SIM ini semoga masyarakat makin terbantu” harap Kombes Buher sapaan akrabnya.

BACA JUGA :   Pisah Sambut Kalapas Kelas Kota Malang Dihadiri Kapolresta Malang Kota

Salah satu pemohon SIM, Eko Masriani (33), mengaku bahwa materi ujian praktik SIM terbaru sangat membantunya, dirinya menambahkan walau di awal agak grogi namun berkat arahan petugas, dirinya berhasil lulus ujian praktek SIM.

“Awalnya agak grogi saat mengetahui ujian prakteknya menggunakan metode terbaru, namun di awal tetap fokus dan di bantu oleh arahan bapak – bapak polisi nya, Alhamdulillah berhasil lulus ujian” tambah warga Sukun ini.

Berikut ini adalah perubahan-perubahan materi dalam ujian praktik SIM :
1. Perubahan lintasan yang kini menjadi sebuah sirkuit yang mengakomodasi 4 materi ujian praktik
2. Tak ada materi zig-zag atau slalom test
3. Uji membentuk angka 8 digantikan dengan uji membentuk huruf ‘S’
4. Ukuran lintasan diperlebar, yang tadinya 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan. (HBL)

0Shares

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *